Wisata Religi Menara 99 Meter Masjid Al-Akbar Surabaya

Wisata Religi Menara 99 Meter Masjid Al-Akbar Surabaya - Indonesia kita yang tercinta ini memiliki banyak sekali kota yang bersejarah, dan banyak diantara kota-kota tersebut ada yang disebut sebagai kota wisata, kota santri, kota tahu dan lain sebagainya sebagai ciri khas dari kota tersebut. Nah bicara soal kota yang ada di Indonesia, ada salah satu kota yang menurut saya luar biasa, kota tersebut mendapat julukan "Kota Pahlawan", karena dulunya kota tersebut terjadi perang besar-besaran antara masyarakat kota tersebut dengan tentara Inggris, pertarungan yang semakin sengit saat setelah terbunuhnya komandan tentara Inggris Brigjen A.W.S Mallaby. Yaaa kota tersebut adalah Kota Surabaya.


Siapa sih yang tak kenal dengan kota Surabaya ? saya yakin pasti sebagian besar penduduk Indonesia kenal dan tak asing dengan kota yang satu ini, kota terbesar urutan kedua di Indonesia yaitu setelah urutan pertama ditampati oleh Ibukota Jakarta. Alhamdulillah saya diberi kesempatan untuk pertama kali sepanjang dari hidup saya akhirnya bisa mengunjungi kota megah yang juga memiliki julukan sebagai Kota Pahlawan ini, dan saya juga bisa menikmati sensasi luar biasa yang menenangkan hati saya yang sekian lama saya ingin rasakan yaitu Wisata Religi Menara 99 Meter Masjid Al-Akbar Surabaya (MAS).

Saya serta sekeluarga naik ke Menara 99 Meter MAS, sebelumnya sih saya dan keluarga memang tidak ada niatan atau tidak ada dalam agenda serta rangkaian wisata religi saya bersama dengan keluarga saya ada ayah dan adik saya (karena ibu saya telah dipanggil sama Yang Kuasa) di kota Surabaya sekitar pada akhir Januari lalu. Nah pada awalnya kami bertiga sebenarnya hanya bermaksud untuk ziarah ke Makam Sunan Ampel saja untuk mengikuti sebuah pengajian akbar yang ada di sana, lalu setelah itu kami pergi ke Mesjid dan Makam Syekh Kholil di daerah Bangkalan Madura.

Akan tetapi sebelum kami pulang ke Ponorogo, kami juga menyempatkan diri kami untuk mencoba keliling ke kota Surabaya dan juga sekitarnya. Pada saat itu kami bertiga ingin sekali untuk berkunjung ke kota Sidoarjo bermaksud melihat hamparan lautan Lumpur Lapindo, namun karena waktunya untuk sholat Ashar telah tiba jadi kami bertiga akhirnya memutuskan untuk melaksanakan sholat berjamaah Ashar saja dulu, dan tempat yang kami pilih untuk sholat adalah di Surabaya tepatnya Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya.



Begitu kami sudah selesai dengan sholat Ashar kami, selanjutnya kami juga melihat orang-orang banyak berkerumun di daerah bawah menara masjid. Setelah itu kami mencoba menghampirinya, ternyata kami baru tahu ternyata mereka itu ingin naik ke menara Masjid Al-Akbar Surabaya. Dan hal itu juga dipertegas dengan dipasangnya sebuah plang yang juga bertuliskan, WISATA MENARA 99 METER MASJID NASIONAL AL-AKBAR SURABAYA. Pikir saya mumpung masih ada waktu di sana, akhirnya kami pun selanjutnya memutuskan untuk mengikuti orang untuk menaiki menara 99 meter tersebut.

Rasanya Wisata Menara 99 Meter MAS

Jadwal Wisata Religi Menara 99 Meter Masjid  Al-Akbar Surabaya dibuka yaitu setiap hari untuk umum, lebih tepatnya dibuka setiap hari Senin-Sabtu pada pukul 08.00-16.00 WIB dan untuk hari Minggu dibuka pukul 07.00-16.00 WIB. Berapa harga tiket menaiki Menara 99 meter tersebut ?Harga tiket bagi pengunjung untuk naik menara Masjid Al-Akbar Surabaya tersebut bisa terbilang sangat murah sekali yakni hanya Rp 5000/orang dan bagi anak-anak hanya dikenakan tarif sebesar Rp 3000/anak.

Wisata Menara Masjid Al-Akbar Surabaya

Disana ,apabila ingin naik ke menara Masjid Al-Akbar Surabaya maka menggunakan lift dengan kapasitas maksimal yaitu 550 kg (sekitar8 orang). Dari atas menara 99 meter tersebut, kami ternyata dapat melihat kubah dari masjid yang amat besar perpaduan warna hijau toska dan biru, juga gedung-gedung yang ada di sekeliling Masjid Al Akbar Surabaya dan juga pemandangan dari kota Surabaya yang begitu mempesona mata. Tak lupa juga kami pun tak lupa untuk menyempatkan diri mengabadikan momen pemandangan tersebut dengan benda yang tak asing lagi hehehe... jepretan kamera dari hp kami dan kami berpose bersama. Oh iya, hampir lupa, di atas menara juga ada tersedia beberapa fasilitas kantin yang memadai jika ingin mengisi perut anda diatas, sehingga para pengunjung atau wisatawan yang kesana bisa melihat keindahan dari pemandangan lewat ketinggian yang cukup tinggi sekali dengan ditemani sebuah makanan ringan dan cemilan, sungguh asik bukan, ayoo bagi anda yang ingin berwisata religi atau bagi anda yang suka wisata namun belum pernah merasakan wisata religi di Masjid Al-Akbar Surabaya ini.



Itulah sekelumit cerita dari pengalaman apa yang saya rasakan bersama keluarga saya selaku admin, yaitu Wisata Religi Menara 99 Meter Masjid Al-Akbar Surabaya. Saya berharap saja semoga di lain waktu nanti saya dan sekeluarga atau teman-teman saya bisa berkunjung kembali ke sana untuk bisa melihat dan menikmati bagaimana lokasi wisata yang ada di Surabaya namun ditempat lainnya.


Baca Juga : Wow, Ada Bukit Teletubies Di Kota Blitar

1 Response to "Wisata Religi Menara 99 Meter Masjid Al-Akbar Surabaya"