Oalah Ternyata ini Penyebab Stretch Mark

Oalah Ternyata ini Penyebab Stretch Mark - Siapa disini para readers yang punya garis atau guratan di area pantat, paha, lengan atau leher?? Boleh mengangkat tangannya dong hahahah. Tentu sudah pasti banyak yang sudah tahu bahwa akan mengganggu penampilan dan bikin insecure. Hal tersebut dinamakan stretch mark, mungkin masih ada yang bertanya apa itu stretch mark? Jadi stretch mark adalah guratan maupun garis yang ada pada kulit, pada umumnya ada di area lengan, paha, leher, mungkin perut juga ada, atau yang ekstrim seperti pantat, juga ada karena banyak penumpukan lemak yang terjadi. 

Pada awalnya, guratan atau garis ini mempunyai warna ungu, merah ataupun 
Semula, guratan ini memiliki warna merah muda, ungu, dan merah ini akan berubah warna menjadi kelabu atau putih. Stretch mark umumnya tidak berbahaya secara medis, tetapi mereka bisa menurunkan rasa percaya diri seseorang. Sehingga banyak sekali orang yang mencari tahu sebenarnya penyebab dari munculnya stretch mark ini apa, karena tidak sedikit orang yang merasa risih dan juga malu atau insecure dengan keberadaan Stretch Mark di area tubuhnya. Sebenarnya Stretch Mark tidaklah berbahaya dan masih sangat aman sekali apabila kita memiliki Stretch Mark di area tubuh kita dimanapun munculnya. 



Banyak yang menduga bahwa Stretch Mark muncul karena sejak kehamilan terjadi, atau sesudah melahirkan, namun tidak sedikit juga yang memiliki Stretch Mark di area tubuhnya meskipun tidak sedang hamil atau kondisi setelah melahirkan (karena yang paling banyak berpendapat adalah soal hamil dan kelahiran padahal tidak hanya itu) sehingga banyak sekali yang bingung "kenapa saya memiliki Stretch Mark di tubuh saya?". Tidak ada salahnya kalau memang bingung dan juga bertanya-tanya kenapa kok ada Stretch Mark di area tubuhnya. Pada umumnya Stretch Mark bisa saja terjadi kepada siapapun itu dengan seseorang yang memiliki kulit yang terdapat kandungan sedikit kolagen ataupun juga sedikit kandungan protein sehingga menyebabkan kulit menjadi cukup lentur. Kemunculan Stretch Mark di tubuh seseorang akan bertambah lebih cepat  apabila dibandingkan dengan elastisitas dan perkembangan kulit yang semakin umur meningkat akan bertambah kendur.


Ketika kulit kalian meregang maka akan secara cepat, lapisan tengah kulit atau dermis akan menipis, sehingga lapisan yang ada di area bawahnya akan muncul ke area permukaan. Maka dengan kondisi begitu, guratan merah atau garis yang muncul bahkan kadang-kadang juga disertai dengan rasa gatal. Bagaimana cukup risih juga bukan jika punya Stretch Mark? Nah semakin kita tua, seiring berjalannya waktu maka garis atau guratan tersebut yang terjadi di kulit anda maka akan berubah menjadi warna kelabu atau putih. Maka dengan kondisi seperti inilah yang dinamakan dengan Stretch Mark yang sebenarnya. 


Baiklah, langsung saja, lalu intinya apa saja yang bisa menyebabkan terjadinya pada tubuh kita ? 

Jadi ada beberapa situasi dan kondisi yang harus diperhatikan sehingga meningkatkan risiko mengalami stretch mark, yaitu seperti:

· Kehamilan (seperti kebanyakan anggapan orang)

· Peningkatan pada berat badan yang cukup drastis

· Punya keluarga yang punya riwayat stretch mark

· Mempunyai warna kulit terang (hati-hati hehehe)

· Pemakaian obat-obatan yang mengandung kortikosteroid, seperti contohnya hidrokortison ataupun juga fluocinolone dengan pemakaian yang tidak tepat

· Mempunyai gangguan kesehatan yang tidak pada umumnya atau tertentu, seperti contohnya sindrom marfan atau juga sindrom cushing

· Masa-masa pubertas pada remaja


Namun sekali lagi tidak perlu cemas dan juga khawatir, karena stretch mark itu memang bukanlah suatu penyakit berbahaya, tenang, santai. Stretch mark juga bisa hilang loh ternyata dengan sendirinya tanpa perlu kita susah payah mati-matian seiring dengan berjalannya waktu sambil kalian nikmati aktivitas kalian masing-masing. Sehingga jika kalian ada stretch mark tidak perlu perawatan ekstra dan juga pengobatan khusus.

Akan tetapi, apabila stretch mark yang muncul pada kulit kalian terasa sangat mengganggu untuk alasan tertentu, maka silahkan kalian langsung konsultasikan segala keluhan stretch mark tersebut kepada dokter spesialis kulit yang memang sudah terpercaya dan berpengalaman dan bersertifikasi untuk mendapatkan penanganan atau solusi agar stretch mark yang dikeluhkan bisa teratasi dengan baik.


0 Response to "Oalah Ternyata ini Penyebab Stretch Mark"

Posting Komentar